Loading...

Pengertian Affiliate serta Perbedaan Reseller dengan Dropshipping



Affiliate, Reseller dan Dropshipping



Pengertian Affiliate

Affiliate Marketing adalah salah cabang internet marketing dan merupakan bagaian dari bisnis online, yang tugasnya adalah memasarkan produk orang lain dan kita mendapatkan komisi sesuai dengan perjanjian yang telah ditentukan.

Biasanya produk yang dijual adalah website yang dimana website tersebut akan menjadi website replika membernya sendiri. Untuk sekarang ini, udah banyak banget orang2 yang berkecimpung di bidang affiliate marketing ini. Seperti salah satu contoh bisnis affiliate marketing yang bisa saya berikan adalah www.softwarepsr.com. Itu adalah salah satu bisnis affiliate marketing dari sekian banyak bisnis yang bertebaran di dunia maya.

Sistem kerja dari Affiliate Marketing secara global (selanjutnya disingkat AM) sebenarnya cukup mudah anda hanya cukup memperkenalkan bisnis anda tersebut atau dengan kata lain Job Description nya hanya promosi, promosi, dan promosi. Karena memang hanya dengan promosi saja kita dapat meningkatkan penjualan suatu produk khususnya untuk hal yang kita bahas kali ini, Affiliate Marketing (Bisnis Online).

Pada dasarnya, klo kita sudah menguasai apa yang namanya Internet Marketing, kita sudah dapat mudah menjual suatu produk even produk itu bukan produk kita sendiri. Nah, untuk new comer yang baru ingin terjun ke dunia bisnis online, mungkin AM adalah langkah awal yang baik yang dapat di coba untuk membuat pondasi pada diri kita untuk menjadi seorang internet marketer.

Perbedaan Reseller dengan Dropshipping

Terkadang saya selaku orang yang menggeluti bisnis online pun merasa bingung jika ada yang menawarkan diri menjadi reseller untuk produk yang saya jual. Mungkin hal ini terjadi dikarenakan masih dangkalnya pemahaman masyarakat luas terutama bagi pelaku bisnis online yang baru terjun ke dalam dunia internet marketing ini.

Reseller dan Dropshipper pun dapat dikatakan sebagai agen, hanya perbedaannya adalah dari fisik produk yang dimiliki. Jika Reseller adalah agen yang memiliki produk fisik suppliernya, berbeda halnya dengan Dropshipper yang hanya memiliki informasi produk suppliernya. Berikut penjelasan masing-masing agen.


RESELLER

Dari kata dasarnya saja Re = mengulang, dan Sell = menjual yang dapat diartikan menjadi Menjual Kembali, dan -er yang memiliki arti perlakunya. Nah dari mengartikan kata-kata itu saja kita sudah dapat menyimpulkan bahwa RESELLER berarti orang / pelaku yang menjual kembali dengan adanya produk fisik di tangan agen tersebut.

Contohnya saya mendaftar menjadi seorang agen Aqua dari distributor yang ada di daerah saya. Dalam hal ini, saya pun berlaku sebagai seorang Reseller untuk produk Aqua. Agen dalam kasus ini adalah agen yang membeli terlebih dahulu aqua dalam dalam kuantiti yang cukup banyak lalu dijual kembali kepada end user.
Berikut analoginya :

Distributor - Reseller - End User


DROPSHIPPER

Berbeda halnya dengan Reseller, Dropshipper adalah agen yang menjual kembali produk suppliernya dengan TIDAK memiliki produk suppliernya tersebut. Jadi Dropshipper hanyalah agen yang menjual informasi dari suatu produk.

Contohnya saya menjadi pegawai seorang agen Aqua. Lalu saya menawarkan kepada end user untuk membeli aqua kepada saya. Jika terjadi penjualan, saya akan mengambil aqua dari tempat saya bekerja. Jadi secara tidak langsung Dropshipper dapat dikatakan seperti seorang salesman yang menjual barang milik perusahaannya kepada end user tanpa perlu memiliki produknya.

Berikut analoginya :
Dropshipper - Distributor - End User

Dapat kita lihat perbedaan yang cukup mendasar dari hal ini, jika Reseller menjual kembali dengan memiliki produknya, Dropshipper hanya menjual informasi dari produk tersebut. Jadi kita dapat mengatakan pula bahwa dengan menjadi seorang dropshipper, kita dapat menjadi pelaku bisnis yang tidak perlu mengeluarkan modal untuk menjual produk supplier kita dan bisa juga dijalankan secara online (bisnis online).




sumber: Fredickson Sinaga
Masukan email Anda untuk Dapatkan Update terbaru dari AjatShare BloggerPrint PDF
Pengertian Affiliate serta Perbedaan Reseller dengan Dropshipping
Pengertian Affiliate serta Perbedaan Reseller dengan Dropshipping - written by ajatshare, published at 17:17, categorized as Affiliate, Bisnis Online, Informasi . And have 9 comments
Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg DMCA.com

9 comments

Tambah komentar

Pengertian Affiliate serta Perbedaan Reseller dengan Dropshipping

This comment has been removed by a blog administrator.

Hhahaha ! sama banget bro penjelasannya dengan blog saya :D.. mungkin kalo begitu bisa dibuat sumbernya bro agar saya yang susah cari bahan dan kata-kata waktu buat artikelnya merasa dihargai :D .. tapi overall gpp bro, saya juga ikhlas ko sharing apa yang saya tau. Tapi alangkah baiknya kalo ditulis sumbernya :D.. Tqu bro, Indahnya Berbagi.

Maaf mas bro ini adalah postingan saya yang pertama dan baru bikin blog waktu itu saya belum ngerti aturan TOS dan Blogging. Terima kasih sudah berkunjung dan memberitahu saya karena selama ini saya kesulitan mencari sumber dari artikel yang saya posting. Mulai hari ini saya cantumkan sumbernya.

bagus infonya bang mantap http://goo.gl/f3VqsW

Artikelnya sangat bermanfaat.....ane jg lagi belajar AM, soalnya ane dah bosan jadi marketing offline. Ho.....ho...ho.....

Cara menjadi Reseller dropship di http://bajuibuhamilmenyusui.com/

Mendaftar melalui CS kami Di wa : 0896 3886 4774 atau pin bb : 59D2E7CF
Pendaftar di sertai nama, alamat yang lengkap + foto ID yang masih berlaku


** penyertaan ID berguna untuk kebenaran Reseller menjual produknya kepada costamer

Adakah Syarat lain???

tanpa syarat lain atau deposit spt di tempat lain.
tanpa syarat penjualan spt d olshop lain.

Bagaimana dengan harga jualnya??

- ResellerDropship mendapatkan harga selisih dibanding harga jual costamer. berikut skema nya :

penjualan 3-6 pcs/minggu selisih harga 5.000 dari harga jual produk
penjualan 6-12 pcs/minggu selisih harga 10.000 dari harga jual produk
penjualan di atas 12 pcs/minggu selisih harga 20.000 dari harga jual produk

** Reseller dropship wajib menjual produk min 1 pcs/ minggu

Apa Reseller bisa meresellerkan lagi produknya ??

- Bisa.. info lebih lanjut hububungi Costamer Service kami : sms/wa : 0896 3886 4774
pin bb : 59D2E7CF

ok gan ... tks informasi tentang Pengertian Dropship .. semoga ane juga bisa jadi dropshiper.

  • Berkomentarlah dengan baik, sopan dan sesuai dengan isi konten serta tidak [SPAM].
  • Untuk menyisipkan kode dalam komentar harap di [Konversi] terlebih dahulu.
  • Jika ingin bertanya di luar judul artikel "Pengertian Affiliate serta Perbedaan Reseller dengan Dropshipping". Harap menggunakan tombol [OOT].

Forum DiskusiOut Off Topic (OOT)Formulir KontakArsip Blog
-->